Contoh Format KTSP Kurikulum 2013 Terbaru. Kali ini admin
akan berbagi contoh pembuatan KTSP yang bisa bapak ibu jadikan acuan. Setiap
sekolah diharuskan membuat KTSP masing masing. Sedangkan format file KTSP yang
sudah kami sedikan ini, hanya sebatas contoh saja ya bapak ibu. Anda nanti bisa
mengeditnya sesuai dengan kebutuhan sekolah masing masing karena setiap sekolah
tidak selalu sama isinya, namun perbedaan itu tidak terlalu banyak, hanya pada
beberapa poin saja.
Sebagaimana dalam Permendikbud No 81A Tahun 2014
tentang Implementasi Kurikulum 2013, lampiran 1, diatur tentang Pedoman
Penyusunan dan Pengelolaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Dalam penyusunan
dan pengelolaan KTSP yang baru ini, tidak jauh beda dengan KTSP sebelumnya,
yakni KTSP tahun 2006. Dalam pedoman yang baru ini, KTSP terdiri dari VISI dan
MISI, Tujuan penddidikan satuan pendidikan, muatan kurikulum tingkat satuan
pendidikan, pengaturan beban belajar, dan kalender pendidikan.
Bapak ibu bisa melakukan pengeditan sesuai dengan sekolah
anda. Misalnya adalam VISI dan Misi, setiap sekolah biasanya beda beda ya. Karena
masing masing sekolah punya Visi Misi tersendiri dalam pendidikannya. Sedangkan
tujuan juga tidak sama.
Sebagai cuplikan dari KTSP ini, saya perlihatkan sedikit
bentuknya dari KTSP yang sudah di susun oleh MI Zumrotul Wildan.
Tabel
1. Cakupan Kelompok Mata Pelajaran
No
|
Kelompok Mata Pelajaran
|
Cakupan
|
1.
|
Agama dan Akhlak Mulia
|
Kelompok
mata pelajaran agama dan akhlak mulia dimaksudkan untuk membentuk peserta
didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
serta berakhlak mulia. Akhlak mulia mencakup etika, budi pekerti, atau moral
sebagai perwujudan dari pendidikan agama.
|
2.
|
Kewarganega-raan dan Kepribadian
|
Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan
kepribadian dimaksudkan untuk peningkatan kesadaran dan wawasan peserta didik
akan status, hak, dan kewajibannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa,
dan bernegara, serta peningkatan kualitas dirinya sebagai manusia.
Kesadaran dan wawasan termasuk wawasan
kebangsaan, jiwa dan patriotisme bela negara, penghargaan terhadap hak-hak
asasi manusia, kemajemukan bangsa, pelestarian lingkungan hidup, kesetaraan
gender, demokrasi, tanggung jawab sosial, ketaatan pada hukum, ketaatan
membayar pajak, dan sikap serta perilaku anti korupsi, kolusi, dan nepotisme.
|
3.
|
Ilmu Pengetahuan dan
Teknologi
|
Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi pada SD/MI/SDLB
dimaksudkan untuk mengenal, menyikapi, dan mengapresiasi ilmu pengetahuan dan
teknologi, serta menanamkan kebiasaan berpikir dan berperilaku ilmiah yang
kritis, kreatif dan mandiri.
Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi pada
SMP/MTs/SMPLB dimaksudkan untuk memperoleh kompetensi dasar ilmu pengetahuan
dan teknologi serta membudayakan berpikir ilmiah secara kritis, kreatif dan
mandiri.
Kelompok
mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi pada SMA/MA/SMALB dimaksudkan untuk memperoleh kompetensi lanjut ilmu pengetahuan
dan teknologi serta membudayakan berpikir ilmiah secara kritis, kreatif dan
mandiri.
Kelompok
mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi pada SMK/MAK dimaksudkan untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi, membentuk
kompetensi, kecakapan, dan kemandirian kerja.
|
4.
|
Estetika
|
Kelompok mata pelajaran estetika dimaksudkan untuk
meningkatkan sensitivitas, kemampuan mengekspresikan dan kemampuan
mengapresiasi keindahan dan harmoni. Kemampuan mengapresiasi dan
mengekspresikan keindahan serta harmoni mencakup apresiasi dan ekspresi, baik
dalam kehidupan individual sehingga mampu menikmati dan mensyukuri hidup,
maupun dalam kehidupan kemasyarakatan sehingga mampu menciptakan kebersamaan
yang harmonis.
|
5.
|
Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
|
Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan
kesehatan pada SD/MI/SDLB dimaksudkan untuk meningkatkan potensi fisik serta
menanamkan sportivitas dan kesadaran hidup sehat.
Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan
kesehatan pada SMP/MTs/SMPLB dimaksudkan untuk meningkatkan potensi fisik
serta membudayakan sportivitas dan kesadaran hidup sehat.
Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan
kesehatan pada SMA/MA/SMALB/SMK/MAK dimaksudkan untuk meningkatkan potensi
fisik serta membudayakan sikap sportif, disiplin, kerja sama, dan hidup
sehat.
Budaya hidup sehat termasuk kesadaran, sikap, dan
perilaku hidup sehat yang bersifat individual ataupun yang bersifat kolektif
kemasyarakatan seperti keterbebasan dari perilaku seksual bebas, kecanduan
narkoba, HIV/AIDS, demam berdarah, muntaber, dan penyakit lain yang potensial
untuk mewabah.
|
Bagi bapak ibu yang menginginkan lengkap FILE KTSP, silahkan
buka saja link di bawah ini, dan langsung dibawa ke google drive, nanti bapak
ibu tinggal kilk saja, dan akan menyimpan di komputer atau laptop masing
masing.